Lumpia Basah Bandung

Standard

Jadi ceritanya mama kabita (kepengen) lumpia basah jajanan mama waktu masih sekolah di bandung dulu..inget banget tuh yg jualan dipengkolan SMA 5..klo pulang sekolah..makan itu aja udh kenyang deh🙂..masih ada gak y disitu?..trus pas kmaren2 ini bolak balik bandung nggak nemu2 yg jualan lumpia basah..huhuhu..akhirnya..mama memutuskan buat bikin sendiri..stelah intip2 google..inilah diaaa..

Lumpia Basah

Bahan:
-kulit lumpia
-toge
-bawang putih halus
-telur
-bengkuang* (dimasak y)
-garam merica
-kecap asin
-saos sambel

Aci
-air
-gula merah
-tepung kanji

Bengkuang*
-bengkuang..iris kotak memanjang
-gula merah
-air secukupnya

Cara memasak:
Bengkuang*
-rebus air dan gula merah..setelah cair..saring..supaya bersih..ambil sedikit untuk aci..
-rebus bengkuang dgn air gula merah sampai bengkuangnya bening n kecoklatan (empuk)..klo pas smp airnya abis y🙂
-angkat..sisihkan..

Aci
-rebus air gula merah..beri tepung kanji..masak sampai kental kayak lem..sisihkan..

Lumpia basah
-panaskan minyak..masukkan telur..orak arik..dorong ke pinggir wajan..
-masukkan minyak lg sedikit..tumis bawang putih smp wangi..masukkan bengkuang*, toge..beri garam merica..kecap asin..saos sambel..aduk2 smua smp matang..
-oles aci ke kulit lumpia..masukkan isian tadi..bungkus..balik🙂

klo mo lebih authentic y kayak mamang2nya bikin..pake daun pisang n diplastikin..tp kita bikin yg simpel aja..ditaro di piring hehehe..sayangnya pas mama bikin kurang garem hihihi..nanti mo dicoba lagi..masih ada bahan2nya🙂..oia..klo mo pedes y bisa dimasukin potongan cabe rawit pas masaknya..selamat mencoba🙂

11 responses »

  1. Mak mit..lumpia bassh cari deh d depan unisba..di trotoar yg menuju unpas dkt gerbang sanbe farma. Dooh jadi pengen deh..tp males bikin..enggg bikinin doong trus kirim kesini..hehehe.. *minta disambit

    • Wadoh..unisba unpas bukan daerah jajahan mak..jarang lewat situhh..biasanya dl waktu skolah mah bellinya di pengkolan sma5..di deket jonas banda juga suka ada..tp trakhir kmaren ke jonas g ada tu lumpia basah😦..udh jarang yg jual y kayaknya..

      Mayan loh bikin sendiri..jadinya banyakk hahaha..teteh yg bantuin gw aja heran ada makanan model begini..eh skrg malah ketagihan doi..enak katanya😀

    • Eh..ini aku masak sendiri bun..namaku mitha hehehe..klo lumpianya biasa aku beli nitip ma tukang sayur..beli udh jadi..g bs aku bikin sendiri🙂..di supermarket besar jg suka ada koq..slamat mencoba🙂

  2. Teh itu kulit lumpianya apa gak mentah tuh? Kok langsung di taruhi bahan2 gitu, Setauku kl kulit lumpia yg dijual bebas mah masih mentah.

    • Sbnrnya klo dibilang mentah sih nggak y..kn klo mo bikin kulit lumpia ini dimasak jg🙂..mgkn stengah mateng kali y hehehe..

      Klo lumpia basah bandung emg gt..lsg ditemplokin bahan2nya..lsg makan..alhamdulillah perut udh tahan banting kali y..gak knapa2 hehehe..slamat mencoba🙂

  3. Pingback: Lumpia basah ala echie | kutratkotretraos's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s