menu idul adha kali ini :)

Standard

Sebelum mama cerita soal menunya..keluarga firmansyah..papa..mama n azzam..mengucapkan selamat idul adha bagi sluruh umat islam di dunia!🙂

Kami sekeluarga merayakan idul adha hari selasa kemarin..tanggal 16 november..satu hari lebih dulu dari pemerintah..nahh..untuk hari raya kali ini mama udh niatin dr 10hr sebelumnya..mau masak hidangan lebaran sendiri..sebelum2nya kan nebeng ma nin uti aja hehe..tahun 2008,mama lebaran idul fitri di dumai sama nin uti n yai..waktu itu mama papa nikahnya setelah lebaran hehe..trus idul adha-nya di bogor..gak masak waktu itu :p..tahun 2009,kita idul fitri di bogor,waktu itu mama br abis ngelahirin azzam..jd yg masak nin uti..pas idul adha-nya di dumai..nin jg yg masak..tahun 2010 idul fitri-nya di dumai..lagi2 nin yg masak..nahhhh..pas idul adha ini lah..mumpung di bogor..n nin jg di dumai..mama mo coba masak sendiri ƪ(˘⌣˘)ʃ

Di keluarga mama..tradisi-nya musti ada ketupat n makanan2 khas lebaran klo pas idul fitri n idul adha..biasanya nin masak rendang, kalio, opor,sambel goreng kentang, gulai buncis n sambel cengek (sambel palembang)..berhubung mama g mau lama2 masak daging..jadi menu-nya ayam aja hehehe..

Mama ini suka banget makanan pedes..maklum lahir n besar di sumatra..jadi lidahnya pgnnya yg pedes2 aja..nahh..untuk idul adha kali ini mama bikin opor ayam..udang balado pete..gulai buncis pete..sambal goreng kentang krecek pete n sambal cengek..

Untuk opor ayamnya..mama pesen di mbak sayur..pake sekilo ayam pejantan aja..biar g lama ngempukinnya..ayamnya mama goreng dulu setengah mateng..istilahnya di-browning..n mama pake rempah2 juga..kayak kayu manis, jinten, pekak, cengkeh..jadi wangiii..

Kalo udang balado sih sengaja mama bikin biar ada daging2an yg lain selain ayam :p..biar makin wangi..cemplungin pete😀

Sayurannya mama bikin gulai buncis..pake pete (teuteup)..trus sambel goreng kentang..tanpa ati karna mama g suka ati..tp mama pakein krecek..jd ada kenyel2nya..trus tambahin pete juga hahahaha😀

Terakhir..mama bikin sambel cengek..rasanya pedes manis n sdikit asem..enak deh buat dicolek ma ketupat🙂..oia..ketupatnya mama nin yg buat (ibu mertua mama :))..jd mama tinggal terima jadi ketupatnya hehehe..

Masakan lebaran kali ini baru perdana mama bikin..seumur2 baru kali ini masak hidangan lebaran..alhamdulillah feedback dr yg makanin katanya enaak..n pedess hehehe..ya iyalah..mama tambahin lg cabe rawit merah kampung yg digiling..biar makin maknyuss pedesnya hihihi..soalnya klo g pedes g nendang rasanya hehehe..

Mama jadi pede nih masak masakan lebaran lg buat tahun depan :p..

mama mitha – mamanya azzam🙂

4 responses »

  1. juragaaannnnn peteeee! baunyaaa ampe siniiiii,,,ga bagi-bagi sih lo mitunnn hahahaha,,hebaaat euy masak menu lebaraannn,,guee seumur2 belom pernah ceu,,, meuni hebat pisan euy,,, sok atuh insya allah tahun depan aing masak biar bisa pamer ke dirimuhh hahaha :p btw link atuhhh blog aku yaaa😀 *teteup narsis*

    • Maknuuuuul..baunya sampe sono yaa??..hahaha..abis klo g pake pete kagak afdhol bo aromanya..ada yg kurang gt *tsahh :p

      Sama neng..ini pan percobaan pertama..sok atuh taun depan masak juga hehehe..seru lohh🙂

      Nahh..dirumah gw g pasang internet lg nul..jd g bs nge-link..dr bb kan ora isooo😦..maapkan akyuuu.. T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s