Rumah Mitha

Cara Membuat Kaldu yg Enak :)

Posted on: 16/02/2012

Cara membuat kaldu yg enak ini mama pelajari waktu mama kuliah perhotelan dl..diajarin cara membuat kaldu daging..ayam n ikan..

Jadii..inti membuat kaldu itu musti direbus sama
-Onion
-Leek
-Celery stem

-Klo ONION kan bawang bombay..disini bisa ditemuin dimana aja..gampang :)
-LEEK ini semacam daun bawang tp guede..berhubung disini susah..mama pake daun bawang aja hehehe..tp yg dipake bagian putihnya aja..
-CELERY STEM itu batangnya seledri..tp seledri-nya g guede2..disini ada sih di supermarket premium..yg biasa org2 bule makanin trus dicocol ma saos gt..berhubung susye carinya..kita pake seledri lokal..batangnya aja yaa..

Untuk membuat kaldu g perlu bahan2 diatas dipotong kecil2..potong besar2 aja..misalnya bawang bombay dibelah 2 or dibelah 4..jumlahnya disesuaikan dengan seberapa banyak air n dagingnya :)

Knapa koq cm batangnya ajah?..soalnya bagian hijau daun bawang n daun seledri bikin kaldunya keruh..jd yg dipake batangnya aja..

Cara memasak kaldunya gampang..klo ayam n daging tinggal cemplung ke panci..isi air secukupnya..cemplung bahan2 diatas..masak..sampai jadi kaldunya :)

Klo ikan..tunggu airnya mendidih dl..baru masukin ikannya..biar g ancur bgt..kecuali mo bikin kaldunya dr tulang n kepala ikan..bisa dr awal dimasak..

Klo udh jadi kaldunya..saring..ambil dagingnya..buang bumbu kaldu-nya..jadi deh kaldu yg enak :)..klo kaldunya dr tulang ikan..bs skalian dibuang tulangnya “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮..

Bisa jg sih untuk ngerebus kaldu dipakein wortel..tp ini bikin kaldunya rada oranye n ada rasa2 wortelnya gt deh..jd mama g pernah bikin kaldu pake wortel..klo bikin kaldu ikan bs jg ditambahin jahe geprek biar g amis..ato bs juga utk kaldu yg lain supaya kaldunya rada ‘hangat’..

About these ads

13 Responses to "Cara Membuat Kaldu yg Enak :)"

aahhh makasih tipsnya miithh *peluk* soalnya kalo bikin kaldu suka kadang berasa amis, kurang sedep

Sama2 :)..oia..ada tambahan..klo pas ngerebus kaldu trus ada buih2 kyk kotor gt dipermukaannya bs dibuang aja..jd kaldunya bersih :)

Waah.. brarti cukup batang seledrinya saja ya… Tapi biasanya kl aku masak, ga pake stok kaldu, jadi seledri aku kasih di akhir masakan mau matang (biar ga bgt keruh) .. Begitu jg dg b. daun, dipakai semua, krn itu semua dimakan… Sayang kl dibuang… :)

Nahh..klo daun bawang bagian daun n daun seledri-nya aku jg suka pake..tp klo masakannya udh mateng..diiris tipis2 trus masukin ke masakan..

Iya..klo dipikir2 sayang jg..tp klo udh direbus dr awal tu bumbu udh abis sari2nya..udh layu..dimakan jg g enak lg hehehe..gantinya y kaldunya jd enak..gurih..gak amis :)

[...] berbagai versi bikin kaldu, kalau Mitha, bikin kaldunya kayak gini. Doi dulu sekolah perhotelan dan diajarin bikin kaldu, jadi hasilnya pake TOP be ge te. Saya nggak [...]

xo cara ny ribet amt.. panjang lgi… aduuhh kya ny kurng pas tulisn ny

Hehehe..kan judulnya bukan cara bikin kaldu yg simpel mbak :)..klo mau yg simpel y tgl rebus aja protein yg diinginkan..bs daging..ayam..ikan dll..ato y bubuk kaldu..enak jg koq :)

hahaha itu mba tarda aya2 wae, gwe ngecek di cara bikin kaldu di web lain juga panjang2, kalo mau gampang pake yg blok atau bubuk kaldu gitu cuma resep yang panjang and ribet ini tentunya jauh lebih sehat. mith, ini gwe googling “cara bikin kaldu” blog lu muncul di atas2 euy hahaha.. ajarin gwe masak ateuh.. ngesot a ke rumah mitha

Azeegg..alhamdulillah..mdh2an banyak yg mampir kesini yak..gw jd malu nih udh lama nggak apdet resep :p

Sok atuh kerumah..deket ini hehehe :)

TFS mit, bakalan stock kaldu nih gw buat MPASI nya Zulfa. Gw bikin ga pernah okeh. He5 makaciii mithaaaa…*peluk kenceng*

Asiiik..mudah2an zulfa suka n makannya pinter yaa :)

Salam kenal mba mitha..thx ya info kaldunya…btw punya resep masakan tuk anak 1 thn ga, saya bingung nih mau masak apa lg selain sop :)

Salam kenal jg mbak tuty..ada sih bbrp resep di blogku yg bs buat anak 1thn..disesuaikan aja..ada nasi uduk..nasi hainan..sop ikan..klo mau lbh banyak lg di mamakokihandal mbak..bs join milisnya jg..google aja mbak..slamat mencoba :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

mitha & hilal

Daisypath Anniversary tickers
Daisypath Anniversary tickers

M. Azzam Hafizzurahman F.

Lilypie Third Birthday tickers

Archives

Categories

The Urban Mama
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 586 other followers

%d bloggers like this: