Rumah Mitha

kikkoman soy sauce..halal or haram?

Posted on: 18/08/2011

Setelah mendapat masukan dr temen2..mama bikin penelitian kecil2an soal kecap kikkoman yg suka mama pake untuk masak..katanya kikkoman ini nggak halal..emg gak ada tulisan halal-nya juga sih “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮..tp klo diliat dr ingredients-nya cuma water, soybeans (18%), wheat n salt..tapiiihhh..ternyata proses ‘naturally brewed’-nya ini ternyata menghasilkan alkohol..yg mana kita g boleh konsumsi doonk..jadi..setelah mama cukup yakin..mama berpendapat kikkoman ini haram :)..

Berikut kopian yg mama dpt dr blog org.. http://www.newyorkermen.multiply.com

here is a letter from kikkoman:

Dear ,
We received your e-mail inquiring if there is any alcohol in Kikkoman
Soy Sauce. You wrote that you could not consume alcohol “due to
religious dietary restrictions.” We always welcome any questions our
consumers may have about our products.

Kikkoman Soy Sauce is a naturally brewed product…like wine or beer.
It is made from wheat, soybeans, salt and water. During the
fermentation process, the wheat starches are broken down to sugars and
part of the sugar is changed into alcohol. The alcohol adds to the
aroma and overall flavor of our soy sauce. Since this product
contains approximately 1.5 to 2% alcohol by volume, we cannot
recommend our soy sauce for your consumption.

We hope this information is helpful to you. If we can be of further
assistance, please let us know.
Sincerely,
KIKKOMAN INTERNATIONAL INC.
Consumer Services

Katanya..Halal soy sauce:

La Choy
Oedang Sari
Bango
Abc

Ada yg lain?

Jadi..klo di blog ini ada tulisan mama pake kecap kikkoman..tolong diganti dengan kecap asin biasa y..dari rasa pasti beda..tp kita cari yg halal ya..

Mama minta maaf yaa..udah bikin pembaca blog mama make kikkoman soy sauce untuk masak..mama ngerasa bersalah :(..untuk yg non muslim silahkan aja pake kikkoman..tp yg muslim jangan yaa..sama2 kita belajar dr kesalahan..

Oia..satu lagi..untuk para penggemar sushi..yg suka cocol sushi-nya pake shoyu..setau mama..itu juga ada alkoholnya klo pake kikkoman jg..hati2 y temen2..jangan sampe makanan yg kita makan gak halal..insyaAllah kita bisa menghindari makanan2 yg tidak halal ya..kita sama2 belajar..klo mama ada salah2 juga kasi tau aja..ato klo ada info terbaru juga tolong diberi tahu.. :)

About these ads

26 Responses to "kikkoman soy sauce..halal or haram?"

wah thanx bgt infonya mom..

Sama2 mbak della..mudah2an infonya bermanfaat y :)

Thanks sharingnya mit…gue blom pernah masak pake kikkoman sih tp selalu merhatiin semua makanan di spm yg gue beli,liat2 logo halalnya. apalagi yg import.usahakan cari yg ada logo halal, negara2 lain yg bukan mayoritas muslim ky Thailand & Philipine jg ada yg punya lembaga ky MUI buat ngasih lisensi halal thd makanan. oya thx juga info Soyu-nya, wondering the famous ST itu udh dapet lisensi halal blom yak.mau cek dulu di halalmui.org

Katanya sih blom din..tapii..biarpun shoyu-nya yg halal..klo nasi sushi-nya pake mirin y sami mawon “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮..soalnya mirin kan gak halal..cmiiw :)

ya…setahu saya soyu kikkomon itu adabanyak pilihan…yg qta boleh konsumsi adalah yg kikkomon daiju (kikkomon yg original yg hanya mengandung kedelai fermentasi), utk susinya sendiri,..bumbu nya rat2 pakai mirin..dan mirin ini zg ada yg boleh dan tidak…dan rata2 pakai irin yg qta ga boleh..krn mirin yg boleh harga nya mahal..tentu pedagang mlih mirin murah bukan?…

Iya mbak yanti..amannya y pake produk yg udh jelas ada logo halalnya..jd g prlu ngira2 lg ingredients-nya apa hehehe..insyaAllah lbh barokah :)

telima katihhhhh buat sharing nya mituuunnn,, :*

Sama2 menuuulll :D

eh mit, gw pernah bahas ini sama temen gw. kalo gak salah, kalo proses fermentasinya di bawah beberapa hari dan secara alami, itu masih bisa dikategoriin halal karena alesan apalah gitu. gw selintas sih dengernya, kalo loe mau telaah lebih lanjut sih cari2 aja infonya sama fikihnya online. karena kalo gak, berarti tape sama duren kematengan juga jadi haram karena kan fermentasinya ngehasilin alkohol. gw sih gak pernah pake kikoman neither like duren. just my 5 cent kalo loe mau telaah lebih jauh

Nahh..berhubung lu kasi tau soal tape n duren..ini ada pembahasannya http://koran.republika.co.id/berita/17608/Tape_Ketan_Beralkohol_Namun_Tetap_Halal ..menurut gw cukup masuk akal..gw liat bbrp pendapat lain jg ada yg blg hal yg sama..tape ketan ini halal..eh..tp ini lu ngomongin tape ketan apa peuyeum?..termasuk duren jg ada sedikit penjelasannya disitu..wallahualam y..

Persoalannya..setau gw..kikkoman ini mengklaim dia ‘naturally brewed like fine wine’..as far as I know..nge-brew (gw g tau bhs indo-nya apa (˘ε˘“)) itu dia mendiamkan sari kecap ini cukup lama..kayak wine aja..gak ada yg cm di brew bbrp hari..makin lama makin bagus n mahal..klopun mau mempercepat prosesnya..biasanya dimasukin alkohol..(Gw prnh blajar soal pembuatan wine wktu kuliah dl)..nahh..klo emg mau yakin bgt kan kita hrs tau sendiri kyk gmn pembuatannya tu kecap or tes sendiri biar tau kehalalan-nya..atau..ada stempel halal dr mui n bppom..daripada ragu..lebih baik dihindari :)

gw google sana sini banyaknya blg begitu fit..lu coba cek deh..mudah2an ketemu jawabannya y fit..ntar kasitau gw “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮..

Thanks infonya ya…saya setuju daripada ragu mending dihindari….masih banyak yg halal dan toyyib :)
* Bila ada waktu silahkan mampir ke blog saya http://suryatiarifatullaili.blogspot.com/2012/01/rumah.html

Betul mbak..saya sampe skarang masih puasa nyushi ini..padahal udh kepengen berattss *nelen ludah*..tp y masih dlm pencarian model sushi yg halal..pengen bikin sendiri tp lupa2 mulu..soalnya dirumah yg suka cuman saya doang hehehe..

InsyAllah mampir ke blognya mbak :)

Halo,
Saya kebetulan baru belajar masak makanan Jepang. Memang banyak sekali bahan-bahannya yang mengandung alkohol. Nggak hanya soy sauce tapi juga menegaskan yang dikatakan Mitha di atas, mirin-nya juga mengandung alkohol (buat nyelupin ikan biar gak terlalu amis).

Alkohol ini penting untuk masakan Jepang, karena banyak dari bahan-bahannya yang fresh/ mentah, sehingga diperlukan untuk membunuh bakteri.

Betul..makasih infonya y mbak :)..memang bkn hanya shoyu-nya aja..tp jg mirinnya..kebetulan saya bisa bikin nasi sushi yg insyaAllah halal..nanti deh di share diblog..cumann..sushi tanpa cocolan shoyu kan krg mantebh y hehehe..akhirnya nemu shoyu yg disebutkan di label-nya halal..tp sayangnya bukan dr MUI or lembaga penjamin halal manapun..jd semacam self claimed halal..merk-nya pearl bridge river klo g salah..mudah2an memang bener halal y :)

Smoga kita bs menghindari makanan2 yg haram y mbak..terima kasih :)

menurut saya dikatakan haram jika benar2 dicampur dgn air mengandung alcohol, tp jika alcohol merupakan suatu fermentasi bahan makanan itu sndiri contohnya: spti air tape singkong, berkadar alcohol tp tidak mengalami penyulingan dan masi bersama bahannya (tape singkong) maka airnya tidak haram atau halal, boleh diminum..jadi intinya jika bahan dari soy sauce itu masi ada didalamnya walaupun hancur, maka itu tidaklah haram..insyaAllah

Trima kasih infonya mas :)..saya jg krg tau bagaimana cr pembuatan soy sauce ini..tp dr teman saya yg prnh tinggal di taiwan kikkoman ini ada yg udh bertanda halal ada yg tidak..mungkin ada perbedaan dl proses pmbuatannya..

Nahh..merunut dr situ..knp kita nggak cari yg halal aja skalian..toh ada barangnya :)..skrg saya pake soy sauce pearl bridge..ada halal-nya..walaupun self claimed..bismillah mudah2an betul2 halal :)..

Makasih infonya y mas..sama2 blajar nih..saya jg gak ahli2 amat hehehe :)

mb mit, nyari kecap pearl bridge tuh dmn ya yg jual??
kecap asin kn?? trus mksudny halal “self-claimed” tuh apa??
maaf ya bnyk nanya :P

Dimaafkan hehehe..
Kalo dibogor sini aku beli kecap pearl bridge ini di giant :)..iya, ini soy sauce alias kecap asin..tp enak buat cocolan sushi..nah..kalo halal self-claimed itu maksudnya produsen pearl bridge ini mengklaim klo produknya halal..jd bukan dari MUI ato lembaga halal negara-nya..gt maksudnya..soalnya dikemasannya nggak ada logo halal..cm ada pengakuan halal dr produsennya sendiri :)

Saya baru aja nemuin kecap asin (soy sauce) yg ada logo halalnya, merknya: Wan Ja Shan, di Ranch Market. Tidak semua merk Wan Ja Shan ada logo halalnya (utk Mirin, tidak ada logo halal).

Wahh..makasih infonyaa..sayang dibogor g ada ranch market..adanya farmers market..sama g tuh y? :(..ntr coba cari ah :)

makasih atas penjelasannya, kadang saya hanya melihat label halal nya saja tanpa meneliti lebih jauh tentang ingredients-nya. memang kita harus lebih berhati-hati jangan sampai makanan haram masuk kedalam tubuh kita.. thanks..

Sama2..saya jg msh blajar koq..mudah2an kita bs memilah2 mana yg halal ya :)

Yang jelas klo abis makan tuh kikkoman soy aku ngerasa spt mabuk brarti mmg ada campuran alkohol nya

Hahaha..masa?..jgn diminum mbak kecap kikkomannya hehehe..mungkin mbaknya sensitif thd alkohol jd kerasa ya :)

Dear mbak mitha, salam kenal.
Yang diharamkan itu yang memabukkan, tidak berarti alkohol itu memabukkan. Sebetulnya nasi juga ada alkoholnya lho. Mungkin link di bawah ini bisa memberi penjelasan lain.
Mohon maaf klo tidak berkenan :)

http://www.konsultasisyariah.com/apa-benar-tape-itu-termasuk-alkohol/#axzz2BLw9Ds00

Hi mbak..salam kenal jg :)
Trima kasih infonya mbak..aku udh baca..wktu itu sy jg prnh baca..kalau bahan sebelumnya dr khamr maka hasil akhirnya walopun gak beralkohol atau tdk memabukkan maka tdk halal jg..klo tape kan awalnya bkn dr khamr cmiiw..gt mbak..sy lupa jg dmn link-nya hehehe..mdh2an kita bs sm2 blajar y mbak..makasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

mitha & hilal

Daisypath Anniversary tickers
Daisypath Anniversary tickers

M. Azzam Hafizzurahman F.

Lilypie Third Birthday tickers

Archives

Categories

The Urban Mama
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 586 other followers

%d bloggers like this: